Tak Perlu Emosi Kalau Hanya Sakit Gigi! Cukup Pakai Merica Dan Garam, Dalam 5 Menit Sakit Gigimu Pasti Pergi, Begini Cara Meraciknya!

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah.

Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu. Sering kali nyeri sakit gigi terasa memburuk ketika penderita makan atau minum (terutama makanan atau minuman yang panas atau dingin) dan ketika penderita sedang berbaring di malam hari.

Ketika terjadi sakit gigi, daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi akan ikut terasa nyeri dan teraba lunak. Kadang-kadang sumber nyeri sulit dibedakan.

Contohnya adalah nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus (rongga udara di belakang tulang pipi dan dahi) pada kasus infeksi geraham atas. Selain nyeri, gejala lain dari sakit gigi adalah:

Bengkak di sekitar gigi yang terinfeksi, Pusing, Rasa dan bau busuk dari gigi yang terinfeksi, Demam.

Penyebab Sakit Gigi

Di dalam gigi terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan.

Loading...

Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya: Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang), Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal), Penyusutan gusi, Gigi retak, Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).

Selain radang pulpa gigi, ada sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi, di antaranya:

  • Sinusitis.
  • Abses periodontal.
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala)
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tukak gusi.
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak)

Lalu bagaimana jika gigi terlanjur sakit? Kamu tidak perlu emosi, cukup manfaatkan bahan yang ada di dapur untuk mengatasi sakit gigi. Caranya di bawah ini:

Bahan:

  1. 1 sendok teh garam
  2. 1/2 sendok teh merica bubuk
  3. Air secukupnya.

Cara Penggunaan:

  • Campur garam dan merica bubuk, tambahkan air secukupnya.
  • Aduk hingga garam dan merica menyerupai pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian gigi yang sakit.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Kumur dengan air hangat.

Meskipun mengobati sakit gigi mudah bukan berarti membuatmu mengabaikan kesehatan gigi. Yuk, mulai rajin menjaga kesehatan gigi karena lebih sakit hati daripada sakit gigi.

Loading...