Mulai Sekarang Jangan Buang Tempe Busuk! Dijamin Menyesal Setelah Tau Manfaatnya

Mulai Sekarang Jangan Buang Tempe Busuk! Dijamin Menyesal Setelah Tau Manfaatnya

Pernah ada tempe yang tinggal kelamaan dan mulai berubah warna menjadi kehitaman dan aromanya berubah ? nah sobat jangan langsung membuangnya.

Kamu harus tahu bahwa tempe busuk sebenarnya bukan merupakan tempe gagal produksi, akan tetapi tempe yang mengalami fermentasi lebih lama atau over fermented sehingga tempe terlihat seperti busuk.

Fermentasi berkelanjutan ini yang membuat bakteri dan asam lemak bebas semakin meningkat dan pertumbuhan jamur akan semakin menurun yang kemudian berhenti.

Penelitian membuktikan jika dalam tempe busuk tidak memiliki mikroba yang berbahaya untuk tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, pilihlah tempe busuk yang tidak basah atau berlendir sebab tempe berlendir tersebut memiliki bakteri patogen yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan.

Cara Mengolah Tempe Busuk menjadi masakan enak

Berikut ini kami akan berikan beberapa cara pengolahan tempe busuk menjadi hidangan lezat dan bermanfaat untuk tubuh kita.

Sambel tempe busuk: Iris tempe lalu goreng, goreng bawang putih, cabe dan tomat dan dihaluskan lalu tambahkan dengan tempe busuk goreng, garam dan gula dan tumis kembali.

Lodeh tempe busuk: Haluskan cabe, bawang merah dan putih lalu tumis dan tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk dan laos lalu tambahkan labu, kacang panjang dan santan serta tempe busuk yang sudah dipotong-potong.

Tumis tempe busuk: Cuci tempe busuk dengan air panas dan haluskan. Iris cabe dan tumis lalu tambahkan tempe busuk, kencur, garam, gula dan air lalu tumis sampai air meresap.
Adapun manfaat bagi kesehatan tubuh sebagai berikut :

1. Sumber Antioksidan

Loading...

Di dalam sebuah penelitian yang dilakukan, didapatkan jika dalam 200 gram tempe busuk menghasilkan ekstrak metanol dan ekstrak metanol ini akan berubah menjadi antioksidan yakni genistein yang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi dan bahkan kadarnya lebih tinggi dari tempe yang masih segar.

2. Menambah Nafsu Makan

Dengan memberikan tempe busuk pada anak-anak maka nafsu makan akan langsung bertambah secara alami dan relatif aman untuk diterapkan. Caranya adalah dengan mengolah tempe busuk yakni di bakar kemudian dicampurkan pada nasi.

3. Penyedap Rasa

Tempe busuk juga sering digunakan masyarakat Indonesia untuk penambah rasa pada masakan seperti tumis sayuran loh dengan bau khasnya.

4. Sebagai Anti Kanker

Tempe busuk juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan kecap manis di beberapa daerah. Kandungan yang dihasilkan dari tempe busuk pada kecap ini adalah isoflavon seperti genestein yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tempe segar dan ini merupakan zat anti kanker yang sangat mujarab.

5. Menambah Metabolisme Tubuh

Dalam tempe busuk mengandung vitamin B12 dan juga riboflavin yang sangat baik dalam menambah metabolisme di dalam tubuh sekaligus menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.

Berikut manfaat lainnya :

  • Menyembuhkan Infeksi
  • Obat Cacing Untuk Sapi
  • Umpan Ikan
  • Mengatasi Perut Kembung
  • Mencegah Osteoporosis
  • Meningkatkan Nilai Gizi Makanan Lain
  • Mencukupi Protein dan Asam Amino
  • Cocok Untuk Diet
  • Mengurangi Resiko Jantung
  • Membantu Produksi Sel Darah Merah

Nah itulah manfaat dan cara mengolah tempe busuk menjadi makanan yang lezat, semoga bermanfaat.

Loading...